Masuk

Ingat Saya

Junjung Pancasila, NKRI Damai

Pancasila adalah karya besar para pendiri bangsa yang lahir dari ramuan identitas keragaman anak bangsa. Pancasila bersumber dari nilai keimanan dan keagamaan, nilai sosial dan budaya, serta cita-cita luhur politik bangsa ini. Banyak negara lain kagum dengan Pancasila sebagai perekat jutaan aneka ragam perbedaan di nusantara. Pancasila dan identitas nasional inilah yang selama ini menjadi benteng memuluskan berbagai cobaan pada saat terjadi transisi politik di dalam negeri, sehingga melaju tanpa adanya kekerasan sebagaimana negara lain.

Fenomena kelompok radikal terorisme dengan mengusung ideologi kekerasan sebenarnya tidak hanya merongrong ideologi Pancasila, tetapi tujuan akhirnya untuk merusak persatuan bangsa. Jika Pancasila sebagai ideologi dan identitas nasional mulai diragukan, masyarakat lambat laun akan mudah dicerai-beraikan seperti kasus negara-negara penuh konflik di Timur Tengah. Kita harusnya banyak belajar dari negara-negara tersebut yang tidak berhasil melewati masa transisi dengan damai. Cara menghancurkan bangsa ini adalah dengan memulai merongrong ideologi dan merusak keyakinan masyarakat terhadap identitas nasional.

Pantaskah kita meragukan dan melupakan identitas bersama ini? Haruskah kita membiarkan kelompok yang terus merongrong ideologi bangsa ini? Pancasila harus selalu dirawat dan ditanamkan dalam benak, hati, dan tindakan generasi muda saat ini. Pancasila merupakan warisan agung yang harus didengungkan dan dipraktekkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu marilah kita sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Karena dengan pemahaman yang baik aka akan menimbulkan hasil yang baik pula. Dengan menegakkan nilai-nilai pancasila pada porsi yang semestinya maka Indonesia damai bukanlah khayalan belaka.

ulfah
Dengan